Senin, 28 November 2011

Tulisan 4 - Makna 'Keindahan'


              Keindahan merupakan sesuatu yang mempunyai nilai yang kalo dibilang oleh kata-kata sangat abstrak karena keindahan itu sendiri bukan dinilai oleh kata-kata melainkan dinilai oleh hati dengan melalui panca indra. Sesuatu dapat dikatakan indah jika seorang dapat menikmati keindahan itu menurut perasaannya, jika seseorang belom menikmati objek yang dilihatnya maka belom dapat dikatakan mempunyai nilai keindahan. Sesungguhnya nilai keindahan yang dinikmati oleh masing-masing individu saling berbeda satu dengan yang lainnya. Ada individu yang mengatakan suatu objek tersebut sangat indah nan elok tetapi ketika ditanyakan kepada individu lain apakah objek tersebut mempunyai keindahan, maka jawabannya belom tentu indah, hal ini lah yang membuat definisi keindahan itu berbeda masing-masing orang menurut kepuasan hati mereka masing-masing.

Sebenarnya semua objek yang diliahat oleh panca indera seseorang hakekatnya telah diciptakan indah oleh Tuhan yakni sang penciptanya, tinggal manusia sendiri yang mengurai keindahan itu seperti apa. Keindahan memiliki suatu nilai estetika yang tak ternilai harganya. Didalam aspek keindahan sebenarnya banyak mengandung nilai-nilai seperti nilai moral, nilai pendidikan, nilai ekonomi dan lain sebagainya. Dalam memahami akan arti keindahan tersebut kita harus merenungkannya dimana hati serta hati harus berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan makna dari keindahan itu sendiri.
Seperti contoh, ketika seseorang individu sedang melihat pantai dilombok pasti individu tersebut akan terdiam sambil melihat pemandangan tersebut dan hal itu lah yang disebut sedang menilai keindahan suatu objek, dan ketika makna keindahan itu telah didapatkan oleh seseorang maka seorang individu akan mendapatkan kebahagiaan seperti sedang menjadi milyader mendadak, hal inilah yang sangat unik dari keindahan dan itulah keindahan.
Hidup kita sebenarnya juga mempunyai arti keindahan namun bagaimana kita memaknainya dalam kehidupan sehari-hari kita, berusahalah untuk selalu bahagia dan tersenyum agar kita dapat keindahan hidup yang bisa membuat hidup kita menjadi berwarna .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar