Senin, 28 November 2011

TUGAS 1 - Perbedaan Ilmu budaya dasar dengan Ilmu pengetahuan sosial


Ilmu budaya dasar(IBD) pada umumnya dapat didefinisikan sebagai suatu nilai-nilai/norma, menciptakan adanya suatu ketertiban, serta penciptaan perilaku dengan lingkungannya yang didalamnya terdapat berbagai interaksi manusia dengan lingkungan alam baik secara fisik maupun secara sosial, dengan tujuan supaya manusia dapat lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang sedang/akan dialaminya.
Ilmu budaya dasar bukan semata-mata membahas nilai-nilai kesenian, musik, mamupun kesastraan melainkan kesinambungan serta harmonisasi antara perilaku, norma-norma serta adat istiadat yang berlaku pada diri manusia sendiri.
Sedangkan Ilmu pengetahuan sosial(IPS) merupakan sekelompok disiplin ilmu yang mempelajati suatu aspek manusia dengan lingkungan yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Pada umumnya ilmu pengetahuan sosial ini hampir mempunyai suatu kesamaan dengan ilmu budaya dasar(ibd) karena sama-sama menekankan penggunakan metode-metode ilmiah dalam mempelajari perilaku manusia. Akan tetapi, ilmu pengetahuan sosial lebih mendalaminya metoda kuantitatif dan kualitatif dengan cakupan yang luas pada lapangan yang meliputi perilaku serta interaksi manusia pada masa sekarang maupun masa lalu. Namun, ilmu pengetahuan sosial berbeda dengan ilmu sosial lainnya karena ilmju pengetahuan sosial tidak memusatkan diri pada suatu topik secara mendalam tetapi hanya memberikan peninjauan yang luas kepada masyarakat.
 Namun ilmu budaya dasar(ibd) dengan ilmu pengetahuan sosial(ips) sama-sama mempunyai suatu pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penerapan nilai sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dengan lingkungan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar