Senin, 28 November 2011

TUGAS 6 - perbedaan antara pandangan hidup dengan cita-cita


Pandangan hidup
            Pandangan hidup adalah suatu pemikiran seorang individu, yang dimana pemikiran individu tersebut tertuju pada masa depan yang akan dilewatinya dan individu tersebut selalu berusaha dalam pemikirannya untuk dapat membuat pola hidupnya menjadi suatu pola hidup yang baik dari sebelumnya maupun dari orang-orag yang ada disekitarnya .
Pandangan hidup setiap individu sebenarnya sangat berbeda-beda, tergantung pemikiran masing-masing individu dan bagaimana individu tersebut memaknai hidupnya dimasa yang akan dating. Pandangan hidup bisa berupa rencana-rencana ataupun planning-planning yang ingin dilakukan dimasa yang akan dating. Pandangan hidup individu sangat penting dalam kehidupan setiap orang, karena melalui pandangan hidup ini seorang individu dapat menata kehidupannya dengan lebih baik lagi .

Cita-cita
             Menurut kamus umum bahasa Indonesia cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran.Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Dengan demikian cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang. Pada umumnya cita-cita merupakan semacam garis linier yang makin lama makin tinggi, dengan perkataan lain : cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi, maka cita-cita itu disebut angan-angan. Disini persyaratan dan kemampuan tidak/belum dipenuhi sehingga usaha untuk mewujudkan cita-cita itu tidak mungkin dilakukan. Antara masa sekarang yang merupakan realita dengan masa yang akan datang sebagai ide atau cita-cita terdapat jarak waktu. Dapatkan seseorang mencapai apa yang dicita-citakannya tergantung dari 3 faktor; pertama faktor manusia yang memiliki cita-cita, kedua kondisi yang dihadapi selama mencapai apa yang dicita-citakannya dan ketiga seberapa tinggikah cita-cita yang hendak dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar