Senin, 28 November 2011

Tulisan 1 - ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar pada pengertian umunya adalah suatu ilmu yang sudah melekat didalam kehidupan manusia. Tanpa kita sadari atau pelajari, ilmu budaya dasar pada hakekatnya sudah ada atau sudah ditanam didalam diri setiap manusia. Budaya ini dapat tumbuh baik didalam pengajaran keluarga didalam kehidupan manusia itu sendiri maupun dalam diri individual manusia itu sendiri baik secara pergaulan maupun karakternya masing-masing. Hal ini lah yang membentuk suatu karakter manusia yang bisa menentukan apakah karakter manusia itu baik ataupun karakter manusia itu buruk. Jika pada dasarnya manusia memiliki lingkungan yang kurang baik serta pengajaran yang kurang baik, hal ini yang justru dapat membahayakan manusia itu sendiri karena ia tidak akan bisa bersaing didalam masyarakat karena kurangnya aturan-aturan atau norma-norma dalam diri manusia tersebut. Dan sebaliknya, jika dari kecil manusia tersebut dididik secara baik oleh lingkungannya maka secara otomatis manusia tersebut tidak perlu melakukan adaptasi dengan ilmu budaya dasar itu sendiri tetapi hanya perlu menjalani kehidupan secara harmonis dengan manusia lain.
Banyak manusia yang tidak menyadari akan pentingnya ilmu budaya dasar sehingga dapat membuatnya kesulitan untuk hidup bermasyarakat, karena pada hakekatnya tidak dapat kita elakkan lagi manusia akan selalu menemui ilmu budaya dasar itu sendiri didalam kehidupan bermasyarakat dan hal itu lah yang sangat penting untuk kita manusia. Karena sangat pentingnya kita memahami ilmu budaya dasar akan membuat kita manusia untuk lebih menghargai arti norma-norma serta aturan-aturan yang berlaku didalam kehidupan kita demi terciptanya suatu kedamaian serta kerukunan hidup bermasyarakat.
Dalam penerapan ilmu budaya dasar kita manusia akan menemukan suatu konsekuensi yang harus dihadapi kita sebagai manusia. Jika kita berani atau melanggar aturan serta norma yang berlaku di dimasyarakat maka secara otomatis kita akan mendapatkan suatu imbalan hukuman yang harus kita terima dari masyarakat karena hal itu ialah suatu tuntutan dalam hidup bermasyarakat.
Oleh sebab itu kembangkanlah kemampuan kepribadian kita didalam agama, bangsa dan Negara serta sebagai unit terkecil atau bagian dari masyrakat, selalu peka dan membuka pikiran kita sebagai manusia yang hakekatnya mempunyai akal dan pikiran untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial dsg dalam bermasyarakat serta bagikan ilmu budaya dasar tersebut kepada setiap manusia yang ada disekitar kita agar kita manusia saling bersinergi satu dengan yang lainnya dalam memahami kebudayaan yang ada didalam lingkungan kita khususnya bangsa Indonesia .
‘ Ilmu budaya dasar bukan merupakan ilmu pengetahuan yang kita cari melainkan ilmu yang sudah ada didalam diri manusia yang harus dikembangkan kembali dengan berdasarkan norma serta adat istiadat yang berlaku dimasyarakat demi mendapatkan kehidupan yang saling harmonisasi dalam bermasyarakat’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar