Sabtu, 23 November 2013

Nilai Rekreasi

Kegiatan rekreasi secara bersama-sama mempunyai banyak nilai/manfaat yang dapat diambil. Melalui kegiatan rekreasi ketegangan urat syaraf dapat dilepaskan, sehingga energinya dapat digunakan untuk kegiatan lain yang lebih produktif. Para mahasiswa misalnya, dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti berolahraga salah satunya bermain futsal, membangun relasi dengan teman-teman satu kelas, dan membangun interaksi yang baik dengan teman-teman kampus maupun teman-teman diluar kampus.
Rekreasi juga bermanfaat untuk membentuk karakter/sifat. Suatu program rekreasi yang baik dapat membuat mahasiwa meluangkan waktu dengan cara memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-baiknya. Selain itu, rekreasi juga dapat menyehatkan jiwa yang mulai jenuh dengan rutinitas kegiatan. Jika direncanakan secara efektif, rekreasi merupakan bagian integral dari seluruh pengalaman kuliah sebagai suatu pengalaman hidup di masa tua nanti.

Secara umum ada beberapa nilai yang sangat bermanfaat untuk kegiatan rekreasi, misalnya:
      1.   Kesempatan untuk besosialisasi
Didalam kegiatan rekreasi akan terdapat banyak waktu untuk berinteraksi dan besosialisasi. Interaksi yang hangat dan informal dapat mempererat persahabatan. Kegiatan rekreasi bersama-sama akan memberikan kebahagiaan, mengajarkan nilai-nilai dan norma, serta dapat membangun karakter.

      2.   Mempraktekan nilai-nilai sosial
Berekreasi sesungguhnya juga dapat mempraktekan nilai-nilai sosial. Nilai-nilai yang sudah dipelajari sejak di bangku sekolah akan di terapkan secara bersama-sama dalam berbagai kegiatan kegiatan. Hal utama harus diperhatikan oleh pemimpin rekreasi adalah perkembangan nilai-nilai sosial dari setiap individu. Melalui rekreasi mahasiswa dapat memahami dan mengerti serta mengalami beberapa konsep abstrak yang selama ini telah di ajarkan dalam bangku kuliah menjadi suatu konsep yang riil di kehidupan nyata atau dengan kata lain adalah mencari pengalaman baru yang selama ini belum pernah didapat

      3.  Menyegarkan jiwa dan menambah energi
Rekreasi juga dapat dijadikan sebagai sarana penyeimbang antara kegiatan mencari ilmu dengan kegiatan mencari pengalaman baru. Malalui rekreasi otak bagian kanan seseorang akan dipacu untuk berkembang sehingga perkembangan otak diharapkan menjadi seimbang antara otak bagian kiri dengan otak bagian kanan. Oleh karena itu, melalui kegiatan rekreasi akan memacu mahasiwa untuk lebih berkonsentrasi selama mengikuti kegiatan perkuliahan. Hal ini dapat terjadi karena setelah berekreasi maka jiwa-jiwa yang mulai jenuh akan segar kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar