Minggu, 27 Oktober 2013

Sikap Badan Saat Memainkan Gitar

                         a.    Sikap Badan Pada Waktu Memainkan Gitar untuk Laki-laki
·      Lengkung badan gitar di paha kiri, paha kanan menahan side board bagian belakang. Kaki kiri diletakkan diatas foot stool atau kata lain pijakan pada bangku yang menurut kita nyaman sehingga pada saat memainkannya pun kita jadi santai.
·      Jari tangan kanan digunakan untuk memetik senar di depan lubang suara dengan siku lengan diletakkan di atas side board.
·      Tangan kiri memegang leher gitar dengan kemiringan gitar sekitar 45 derajat, ibu jari berada di belakang leher gitar, dan jari lainnya digunakan untuk menekan senar pada papan tekan.

b.   Sikap Badan pada waktu Memainkan Gitar untuk Perempuan
·    Kaki kiri diletakkan di atas foot stool (bangku kecil), dengan posisi kedua kaki tertutup atau dengan kata lain bersila, lalu lengkung body gitar diletakkan diatas paha kiri dengan kemiringan gitar sekitar 30 derajat, dan side board bagian belakang tidak perlu ditahan.
·      Tangan kiri memegang leher gitar dengan ibu jari berada di belakang leher gitar dan jari lainnya digunakan untuk menekan senar pada papan senar.
·      Jari tangan kanan digunakan untuk memetik senar didepan lubang suara dengan siku lengan diletakkan diatas side board.
  
Istilah-istilah musik yang berhubungan dalam bermain gitar

1.    Garis Staff
Garis Staff adalah garis petunjuk untuk meletakkan not. Garis staff berjumlah lima dengan posisi satu sama lain saling mengejar.

2.    Tanda Ulang (Repeat Mark)
Tanda Ulang adalah tanda petunjuk ulang berupa sepasang titik yang mengampit garis balok not. Tanda ulang lazimnya dibatasi dengan garis batas birama ganda.

3.    Kunci G
Kunci G adalah tanda dalam staff yang menunjukkan letak not G. Letak not G tersebut, selanjutnya menjadi patokan not-not lainnya.

4.    Garis Bar atau Birama
Garis bar atau birama adalah garis yang menjadi petunjuk batas ruas, berupa   garis bujur yang memotong balok not.

5.    Garis Birama Ganda (Double Bar)
        Garis Birama ganda adalah tanda petunjuk akhir lagu atau petunjuk lagu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar