Minggu, 27 Oktober 2013

Kereta Magnet Tercepat di Dunia (Maglev)

saya akan sedikit berbagi pengetahuan yang pernah saya baca di salah satu majalah anak-anak yang pernah salah baca kurang lebih 10 tahun yang lalu, dan pengetahuan ini sedikit mengenai ilmu pasti alam yaitu Fisika.

Jepang merupakan satu dari sekian banyak negara yang berhasil membuat kereta tercepat didunia. Bayangkan, kereta tersebut bisa meluncur dengan kecepatan 581 kilometer per jam! Dan hebatnya lagi, kereta ini tidak digerakkan oleh mesin seperti kereta pada umumnya, tetapi oleh kekuatan yang berasal dari magnet. Bukan hanya itu, kereta ini bergerak tanpa menggunakan roda, melainkan melayang diatas rel. Itulah sebabnya kereta ini disebut sebagai kereta Magnetic Levitation tau Maglev.

Bagaimana caranya magnet bisa menggerakkan kereta dengan begitu cepat ?pasti setiap orang bertanya-tanya dalam benaknya masing-masing. Sebenarnya prinsip yang digunakan sangat sederhana. Kita tahu, bahwa ketika dua kutub magnet yang sama saling didekatkan, mereka akan menolak. Sebaliknya, jika dua kutub magnet yang berbeda saling didekatkan, mereka akan saling menarik.

Nah , orang-orang pintar di jepang bahkan jerman menggunakan tenaga tarik dan tolak magnet itu untuk menggerakkan maglev. Tapi magnetnya bukan magnet batangan seperti yang dihasilkan oleh listrik. Jika kita menghubungkan kutub positif dan kutub negatif batere dengan seutas kabel, maka dari aliran listrik yang terjadi itu juga akan menimbulkan medan magnet. Ini disebut dengan elektro magnetis.

Seperti apa mesin Maglev itu? Kita tahu,pada umumnya juga bisa bergerak karena memiliki mesin lokomotif. Tapi maglev tidak demikian. Para insinyur jepang memasang koil yang berfungsi sebagai konduktor atau penghantar arus listrik di kanan kiri badan gerbong kereta. Koil ini bisa menghasilkan tenaga magnetis yang sangat kuat setelah dialiri arus listrik. Begitu kira-kira cara kerja dari kereta tercepat didunia dengan menggunakan cara kerja magnet dan mungkin bangsa indonesia juga bisa meniru negara jepang karena,kereta tersebut ramah lingkungan dan tidak memerlukan bahan bakar untuk menjalankannya, hal tersebut sangat baik untuk bangsa indonesia kita ini.

Harapan saya sih semoga bangsa indonesia dapat lebih baik lagi kedepannya khususnya dalam bidang teknologi seperti negara-negara yang sudah maju, agar bangsa indonesia tidak ketinggalan dalam bidang ilmu dan teknologi. Semoga bangsa kita ini bisa maju untuk kedepannya, jaya terus bangsa indonesiaaaa!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar