Minggu, 26 Oktober 2014

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

Kegiatan CSR akan menjamin keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena :
1.    Menurunnya gangguan social yang sering terjadi akibat pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat setempat.
2.    Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk jangka panjang.
3.    Tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang semula merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.

Apa saja manfaat dari CSR? Manfaat corporate social responsibility bagi perusahaan diantaranya:
1.    Meningkatkan citra perusahaan
2.    Memperkuat “brand” perusahaan
3.    Mengembangkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan
4.    Membedakan perusahaan dengan pesaingnya
5.    Menghasilkan inovasi dan pembelajaran untuk meningkatkan pengaruh perusahaan
6.    Membuka akses untuk investasi dan pembiayaan bagi perusahaan
7.    Meningkatkan harga saham

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1.    Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
2.    Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3.     Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4.    Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:
1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.
3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik.
4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.

Saya mengambil salah satu contoh penerapan CSR, yaitu pada perusahaan PT. Matahari Department Store, Tbk. Sebagai bentuk komitmen Matahari dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Matahari terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan sosial dan masyarakat di seluruh Indonesia. Selain kemitraan jangka panjang dengan UNICEF, Yayasan Dompet Dhuafa, Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Ikatan Karyawan Matahari dan lainnya, Matahari juga memberikan kontribusi melalui gerainya ke organisasi lainnya dan berbagai inisiatif yang layak, baik nasional maupun lokal. Matahari berfokus untuk memberikan pelayanan terbaik dari seluruh program yang didukung untuk memastikan bahwa program ini memberikan dampak perubahan yang terus berkelanjutan dalam kehidupan komunitas yang terbantu.
Hal ini sangat sejalan dengan nilai perusahaan dan Kode Etik Matahari, yang memberikan panduan untuk hubungan dengan pemasok dan mitra bisnis lainnya. Walaupun Matahari tidak memiliki mekanisme formal untuk memastikan bahwa pemasok dan kontraktor patuh pada standar lingkungan dan tempat kerja, secara hukum Matahari telah mematuhi ketentuan upah minimum dan standar pemerintah untuk seluruh karyawan. Matahari telah membangun hubungan erat dan kooperatif dengan mitra pemasok, banyak dari mereka yang telah bekerja sama dengan Matahari selama puluhan tahun. Kami yakin melalui hubungan ini dan melalui inspeksi rutin oleh pihak ketiga, para mitra kerja Matahari telah menerapkan praktek-praktek yang baik pada kesehatan dan keamanan karyawan dan pengelolaan dampak lingkungan. Hubungan kerja sama akan dihentikan jika diketahui tentang adanya penyimpangan.




Kepedulian Lingkungan

Sebagai department store ritel, Matahari tentunya harus menyediakan tas belanja selama bisnisnya berjalan. Namun, penggunaan plastik yang berlebihan diketahui memberikan kontribusi ke berbagai polusi lingkungan yang mempengaruhi pemanasan global. Karena itu, Matahari menggunakan tas plastik biodegradable, yang dapat terurai secara biologis dalam waktu dua hingga empat tahun. Ketentuan ini telah diterapkan di seluruh gerai Matahari di Indonesia sejak 2011.

Perlindungan Konsumen

Sebagai bisnis yang berorientasi kepada konsumen, Matahari wajib mengakui dan melindungi hak-hak konsumen. Selain patuh dengan seluruh kode dan standard bangunan, semua gerai dan tata ruang gerai di-desain untuk kemudahan, kenyamanan dan keamanan konsumen, dan setiap gerai dilengkapi dengan alarm kebakaran, sistem sprinkler dan akses menuju tangga darurat.
Kebijakan jaminan dan garansi produk Matahari memberikan jaminan bagi konsumen jika adanya kerusakan. Untuk memastikan standar kualitas produk yang tinggi, Matahari mengevaluasi produk sebelum menempatkannya di rak dan memantau keluhan konsumen.Perusahaan memberikan waktu 7 hari setelah pembelian bagi konsumen untuk dapat menukar barang yang telah dibeli dengan barang serupa.

Matahari memiliki beberapa fasilitas dimana konsumen dapat menyampaikan saran, keluhan dan meminta informasi. Konsumen dapat menyampaikan hal yang menjadi perhatian mereka di meja layanan konsumen di dalam gerai selama jam operasional gerai, atau melalui Halo Matahari call centre, yang dikelola oleh agen terpilih dan terlatih, melalui telepon. Halo Matahari beroperasi dari jam 08.00 hingga 22.00 setiap hari. Konsumen juga dapat menghubungi Matahari melalui website, e-mail atau telepon. Seluruh masukan yang diterima dari konsumen akan dikumpulkan dan dikirim ke kantor pusat sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.
Matahari menerima beberapa penghargaan untuk kepuasan konsumen dan layanan konsumen di tahun 2013, termasuk posisi kedua dari seluruh perusahaan di Indonesia untuk National Customer Service Championships 2013. Manajemen percaya bahwa pengakuan ini adalah cermin dari komitmen Matahari untuk mengutamakan kebutuhan konsumen.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Karyawan

Matahari berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi seluruh karyawan di gerai, pusat distribusi dan kantor pusat. Staf yang ada di gerai menikmati kenyamanan dan keamanan yang sama dengan konsumen, dan berpartisipasi dalam pelatihan kebakaran secara berkala dan prosedur keamanan lainnya yang diatur oleh mall, atau pengelola pusat perbelanjaan. Panduan keselamatan untuk pekerjaan yang spesifik dikomunikasikan kepada karyawan yang terlibat dalam logistik dan distribusi.

Pembangunan Sosial

Matahari telah memiliki kemitraan jangka panjang dengan beberapa organisasi yang bekerja secara efektif, di tingkat nasional maupun lokal. Matahari memberikan kontribusi terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan pengembangan sosial dan bantuan bencana alam. Beberapa donasi untuk program ini digalang melalui proses sukarela dan transparan di mana konsumen diajak saat di bagian kasir jika mereka mau memberikan koin kembalian untuk menjadi sumbangan. Penerima donasi dari program ini akan berubah setiap 2 bulan. Program ini terbukti sangat populer di kalangan konsumen dan telah membantu beberapa ribu orang yang layak selama bertahun-tahun.

Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar