Rabu, 12 Juni 2013

Strategi Pembangunan Ketahan Nasional


Ketahanan nasional merupakan elemen yang paling penting dalam membangun kesatuan serta persatuan suatu negara untuk membentuk negara yang kuat baik didalam negeri maupun di dunia luar dalam kehidupan berbangsa. Setiap Negara sebenarnya mempunyai tujuan serta cita-citanya masing-masing dalam mencapai ketahanan nasional yang baik Akan tetapi, untuk mencapai tujuan serta cita-cita tersebut dibutuhkan proses yang tidak mudah karena, untuk mencapai kearah yang lebih baik terdapat permasalahan-permasalahan yang dapat menghabat cita-cita dan tujuan tersebut sehingga hal tersebut dapat membuat suatu bangsa harus bekerja keras dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut sehingga dibutuhkan suatu solusi atau jalan keluar yang dapat menyelesaikan hambatan tersebut.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat kuat dalam menjaga ketahanan nasionalnya sejak Indonesia telah merdeka pada tahun 1945 hingga saat ini. Dalam mencapai ketahanan nasional dari jaman ke jaman, bangsa Indonesia telah mengalami perubahan atau transisis orde yakni orde lama ke orde baru hingga dari orde baru ke orde sekarang atau sering disebut dengan orde reformasi. Hal tersebut membuktikan  betapa baiknya strategi ketahanan nasional yang dimiliki oleh Indonesia yang tidak pernah pudar dimakan oleh zaman sehingga bangsa Indonesia dapat hidup dengan baik dan tentram meskipun banyaknya perbedaan di dalam masyarakat Indonesia akan tetapi, ketentraman tersebut tidak luput dari adanya konflik antara individu-individu maupun antar kelompok. Akan tetapi bangsa Indonesia mempunyai  suatu pilar utama dalam bangsa Indonesia yakni pancasila. Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia sehingga bangsa Indonesia dapat menjaga ketahanan nasionalnya dengan baik. Didalam pancasila terdapat 5 gagasan pokok atau dengan kata lain 5 sila yang menjaga keutuhan bangsan Indonesia. Jika bangsa Indonesia tanpa pancasila, mungkin sekarang bangsa Indonesia tinggal nama saja, tidak berbentuk Negara lagi. Akan tetapi didalam perjalanan ketahanan nasionalnya, bangsa Indonesia terdapat banyak permasalah-permasalahan untuk mengacaukan ketahanan nasional bangsa nasional. Dan tugas kita sebagai warga Negara Indonesia adalah tetap terus menjaga keutuhan serta kesatuan bangsa Indonesia dengan saling bekerja sama dan saling bergotong royong satu dengan yang lain agar para penerus bangsa Indonesia dapat mempertahankan kembali keutuhan bangsa Indonesia di masa depan dengan persaingan yang semakin sulit antara bangsa-bangsa.

Strategi yang paling tepat untuk menjaga ketahan nasional yang baik adalah menumbuhkan rasa patriotisme serta rasa nasionalisme pada masyarakat setiap Negara khususnya bangsa Indonesia untuk mencapai suatu keutuhan dan persatuan yang harus dipupuk oleh setiap Negara/bangsa sejak dini agar terjalin rasa kerjasama dan gotong royong dalam menjaga bangsa, supaya tidak terjadi suatu perpecahan atau konflik yang lebih mementingkan kepentingan masing-masing individu saja melainkan bagi bangsa dan Negara serta bagi nusa dan bangsa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar