Rabu, 01 Mei 2013

Kebijakan apa yang akan anda putuskan untuk memenangkan globalisasi (menjadi pemenang)


Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksiyang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara
Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.
Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi danbudaya masyarakat.

Kebijakan yang akan saya lakukan dalam memenangi globalisasi adalah

1.    Saya ingin menanam serta menumbuhkan nilai-nilai yang ada dipancasila sebagai salah satu filter untuk dalam menyaring serta menelaah mana yang baik untuk saya dan mana yang buruk untuk saya karena, pada dasarnya di era globalisasi saat ini nilai-nilai pancasila sangat dibutuhkan oleh setiap individu di era yang serba canggih seperti sekarang ini .
2.    Berusaha menanam jiwa patrotisme dalam diri setiap individu sebagai suatu bentuk wujud kecintaan kita sebagai masyarakat Indonesia demi menjaga persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia dalam mempertahankan NKRI .
3.    Menjaga serta mengembangkan budaya bangsa Indonesia agar budaya bangsa Indonesia tidak menghilang seiring berjalannya era globalisasi saat ini serta menolak budaya-budaya asing yang dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam pancasila
4.    Berusaha mencintai dam mengembangkan produk-produk yang dibuat oleh dalam negeri agar produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk-produk asing di dunia internasional, agar nantinya dapat memajukan perekonomian bangsa Indonesia dan nantinya dapat mensejahterakan rakyat-rakyat Indonesia sering dengan era globalisasi yang modern seperti sekarang ini .
5.    Mengikuti perkembangan jaman serta kemajuan teknologi agar bangsa Indonesia tidak tertinggal oleh Negara-negara maju yang lain karena, pada dasarnya teknologi merupakan salah satu komponen yang penting dalam era globalisasi sepert sekarang ini atau dengan lain dapat mengikuti seleksi alam yang terjadi seperti saat ini .
Mungkin itu merupakan kebijakan-kebijakan yang akan saya putuskan untuk memenangkan era globalisasi seperti saat ini dimana persaingan semakin ketat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar