Tanggung jawab Sosial
Perusahaan atau Corporate
Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan
disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi,
khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah
memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku
kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang
saham, komunitas dan lingkungan dalam
segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan
lingkungan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan
berkelanjutan",
di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya
harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek
ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden,
melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari
keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih
panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi
perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen
dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap
seluruh pemangku kepentingannya.
Kegiatan CSR akan menjamin
keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena :
1. Menurunnya gangguan social yang sering terjadi akibat
pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan
masyarakat setempat.
2. Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk
jangka panjang.
3. Tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang semula
merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.
Apa
saja manfaat dari CSR? Manfaat corporate
social responsibility bagi perusahaan diantaranya:
1.
Meningkatkan
citra perusahaan
2.
Memperkuat
“brand” perusahaan
3.
Mengembangkan
kerja sama dengan para pemangku kepentingan
4.
Membedakan
perusahaan dengan pesaingnya
5.
Menghasilkan
inovasi dan pembelajaran untuk meningkatkan pengaruh perusahaan
6.
Membuka
akses untuk investasi dan pembiayaan bagi perusahaan
7.
Meningkatkan
harga saham
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi
masyarakat:
1. Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan
kelestarian lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas
umum.
4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat
sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di
sekitar perusahaan tersebut berada.
Adapun 5 pilar yang mencakup
kegiatan CSR yaitu:
1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal
perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah
kerja perusahaan.
3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi
dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang
kerentanan konflik.
4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik,
social serta budaya.
Saya mengambil salah satu contoh penerapan CSR, yaitu pada perusahaan PT. Matahari
Department Store, Tbk.
Sebagai bentuk komitmen Matahari dalam meningkatkan kesejahteraan hidup
masyarakat, Matahari terlibat
dalam berbagai kegiatan pengembangan sosial dan masyarakat di seluruh
Indonesia. Selain kemitraan jangka panjang dengan UNICEF, Yayasan Dompet
Dhuafa, Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Ikatan Karyawan Matahari dan
lainnya, Matahari juga memberikan kontribusi melalui gerainya ke organisasi
lainnya dan berbagai inisiatif yang layak, baik nasional maupun lokal. Matahari
berfokus untuk memberikan pelayanan terbaik dari seluruh program yang didukung
untuk memastikan bahwa program ini memberikan dampak perubahan yang terus
berkelanjutan dalam kehidupan komunitas yang terbantu.
Hal ini sangat sejalan dengan nilai
perusahaan dan Kode Etik Matahari, yang memberikan panduan untuk hubungan
dengan pemasok dan mitra bisnis lainnya. Walaupun Matahari tidak memiliki
mekanisme formal untuk memastikan bahwa pemasok dan kontraktor patuh pada
standar lingkungan dan tempat kerja, secara hukum Matahari telah mematuhi
ketentuan upah minimum dan standar pemerintah untuk seluruh karyawan. Matahari telah
membangun hubungan erat dan kooperatif dengan mitra pemasok, banyak dari mereka
yang telah bekerja sama dengan Matahari selama puluhan tahun. Kami yakin
melalui hubungan ini dan melalui inspeksi rutin oleh pihak ketiga, para mitra
kerja Matahari telah menerapkan praktek-praktek yang baik pada kesehatan dan
keamanan karyawan dan pengelolaan dampak lingkungan. Hubungan kerja sama akan
dihentikan jika diketahui tentang adanya penyimpangan.
Kepedulian Lingkungan
Sebagai
department store ritel, Matahari tentunya harus menyediakan tas belanja selama
bisnisnya berjalan. Namun, penggunaan plastik yang berlebihan diketahui
memberikan kontribusi ke berbagai polusi lingkungan yang mempengaruhi pemanasan
global. Karena itu, Matahari menggunakan tas plastik biodegradable, yang dapat
terurai secara biologis dalam waktu dua hingga empat tahun. Ketentuan ini telah
diterapkan di seluruh gerai Matahari di Indonesia sejak 2011.
Perlindungan
Konsumen
Sebagai bisnis yang berorientasi kepada
konsumen, Matahari wajib mengakui dan melindungi hak-hak konsumen. Selain patuh
dengan seluruh kode dan standard bangunan, semua gerai dan tata ruang gerai
di-desain untuk kemudahan, kenyamanan dan keamanan konsumen, dan setiap gerai
dilengkapi dengan alarm kebakaran, sistem sprinkler dan akses menuju tangga
darurat.
Kebijakan jaminan dan garansi produk Matahari
memberikan jaminan bagi konsumen jika adanya kerusakan. Untuk memastikan
standar kualitas produk yang tinggi, Matahari mengevaluasi produk sebelum
menempatkannya di rak dan memantau keluhan konsumen.Perusahaan memberikan waktu
7 hari setelah pembelian bagi konsumen untuk dapat menukar barang yang telah
dibeli dengan barang serupa.
Matahari memiliki beberapa fasilitas dimana konsumen dapat menyampaikan saran, keluhan dan meminta informasi. Konsumen dapat menyampaikan hal yang menjadi perhatian mereka di meja layanan konsumen di dalam gerai selama jam operasional gerai, atau melalui Halo Matahari call centre, yang dikelola oleh agen terpilih dan terlatih, melalui telepon. Halo Matahari beroperasi dari jam 08.00 hingga 22.00 setiap hari. Konsumen juga dapat menghubungi Matahari melalui website, e-mail atau telepon. Seluruh masukan yang diterima dari konsumen akan dikumpulkan dan dikirim ke kantor pusat sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.
Matahari menerima beberapa penghargaan untuk
kepuasan konsumen dan layanan konsumen di tahun 2013, termasuk posisi kedua
dari seluruh perusahaan di Indonesia untuk National Customer Service
Championships 2013. Manajemen percaya bahwa pengakuan ini adalah cermin dari
komitmen Matahari untuk mengutamakan kebutuhan konsumen.
Kesehatan
dan Keselamatan Kerja Karyawan
Matahari berkomitmen untuk menyediakan
lingkungan kerja yang aman bagi seluruh karyawan di gerai, pusat distribusi dan
kantor pusat. Staf yang ada di gerai menikmati kenyamanan dan keamanan yang
sama dengan konsumen, dan berpartisipasi dalam pelatihan kebakaran secara
berkala dan prosedur keamanan lainnya yang diatur oleh mall, atau pengelola
pusat perbelanjaan. Panduan keselamatan untuk pekerjaan yang spesifik
dikomunikasikan kepada karyawan yang terlibat dalam logistik dan distribusi.
Pembangunan
Sosial
Matahari telah memiliki kemitraan jangka
panjang dengan beberapa organisasi yang bekerja secara efektif, di tingkat
nasional maupun lokal. Matahari memberikan kontribusi terutama di bidang
pendidikan, kesehatan dan pengembangan sosial dan bantuan bencana alam.
Beberapa donasi untuk program ini digalang melalui proses sukarela dan
transparan di mana konsumen diajak saat di bagian kasir jika mereka mau
memberikan koin kembalian untuk menjadi sumbangan. Penerima donasi dari program
ini akan berubah setiap 2 bulan. Program ini terbukti sangat populer di
kalangan konsumen dan telah membantu beberapa ribu orang yang layak selama
bertahun-tahun.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar