Rabu, 04 Juni 2014

RESENSI BUKU “MESSIDONA, BIOGRAFI LIONEL MESSI”






I.     IDENTITAS BUKU
Judul Buku / Novel             : Messi Dona, Biografi Lionel Messi
Penerbit                             : Bio Pustaka, Yogyakarta
Cetakan                             : Pertama, 2008
Tahun Terbit                      : 2008
Tebal Buku                        : vi + 124 hlm.: 13x19 cm
Harga Buku                       : Rp. 21.000
Penulis                               : Sigit Budi Prasetyo

II.   KEPENGARANGAN

Tentang Penulis

Sigit Budi Prasetyo, dilahirkan di Bekasi, 3 Februari 1986. Alumni Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelumnya  telah menulis sejumlah buku seperti buku “Michel Platini : Legenda dengan Sejuta Talenta”dalam Legenda-Legenda Sepak Bola (Bio Pustaka, Januari 2008).

III.   SINOPSIS

Bola memang bundar. Artinya, tidak ada jaminan bahwa sebuah kemenangan dapat diraih sebelum bertanding diatas lapangan hijau. Ungkapan itu pantas dilekatkan kepada Lionel Messi sebagai semangat jiwa dalam memainkan si kulit bundar. Dia berlari dan mengejar bola, mengumpan kepada rekan satu tim dari menit awal hingga peluit akhir tanpa lelah untuk sebuah kemenangan. Bahkan dia juga piawai mencetak gol.

Itulah mahalnya sebuah harga kemenangan bagi sebuah tim sepak bola. Setiap pemain mempunyai beban untuk sebuah kemenagan dari para pelatih, pengurus serta petinggi klub sampai ribuan supporter dalam atmosfer suatu pertandingan. Tidak semua pemain sepak bola bisa mengemban dan menjalani beban berat tersebut. Mental dan semangat petarung inilah yang dimiliki oleh “the golden boy” Lionel Messi.
Lembar cerita kesuksesan Messi terajut ketika keberaniannya menuju daratan Eropa, jauh meninggalkan negara asalnya Argentina. Pemuda kelahiran Rosario Provinsi Santa Fe, kota kelahiran Che Guevara “sang reolusioner”, 21 tahun yang lalu ini dengan penuh kepercayaan diri berkarir di Barcelona B. Talenta yang ada dalam jiwa Messi semakin meningkat dengan didampingi sang ayah yang setia memberi semangat moral.
Manajemen Barcelona dengan cermat tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan tanda tangannya. Tanpa menunggu lama dan kehilangan sang “super star”, di restoran klub Tennis manajemen segera membuat kontrak perjanjian diatas selembar serbet. Bukan tanpa alasan dan itulah peluang barcelona agar Messi tidak diambil klub lain.

Carles Rexach, meminta kepada pelayan restoran untuk menjadi saksi kontrak perjanjian. Rexach menulis di secarik kertas “Saya sebagai direktur olahraga klub, menjamin bahwa klub bertanggung jawab pada kehidupan keluarga Messi jika mereka bersedia tinggal di Barcelona dan sang anak bergabung bersama klub.” (hlm. 14).
Secara perlahan tapi pasti sarana dan prsarana untuk Messi diperhatikan termasuk masalah kesehatan. Maklum saja, Messi memiliki kelainan kekurangan hormon pertumbuhan. Dana yang tidak sedikit dikeluarkan oleh Barcelona untuk biaya suntikan hormon pertumbuhan. Tinggi badannya pun bertambah dari 140 cm menjadi 169 cm.
Persembahan treble winner kepada Barcelona yakni meraih gelar la liga, copa del rey, dan liga champions merupakan persembahan terbaiknya bersama Barcelona. Atas persembahan itulah, Messi akhirnya meraih penghargaan sebagai pemian terbaik dunia 2009.

IV.   KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

·         Kelebihan Buku

Kelebihan dari buku biografi Lionel Messi ini adalah dapat memberikan motivasi yang besar untuk pembaca bahwa, kekurangan yang ada pada diri kita dapat menjadikan kelebihan bagi diri kita sendiri dengan berusaha percaya pada diri kita sendiri dan yang terpenting selalu berusaha dan pantang menyerah untuk mengapai cita-cita apa yang kita inginkan.

Kelebihan lain nya dari buku ini adalah buku ini merupakan buku biografi yang diambil dari kisah nyata sang bintang sepak bola dunia Lionel Messi sehingga pembaca dapat diberikan visualisasi yang nyata dari buku biografi ini.

Kelebihan lain nya dari buku ini ialah melampirkan beberapa foto-foto Lionel Messi dari semasa kecil yang belum menjadi bintang sepak bola seperti sekarang ini hingga foto-foto Lionel Messi telah menjadi bintang sepak bola dunia serta ketika mendapatkan penghargaan sebagai pemain sepak bola terbaik didunia.

·         Kekurangan Buku

                  Kekurangan dari buku ini mungkin hanya dalam visualisasi latar yang membuat pembaca kurang bisa memvisualisasikan latar tempat yang sebenarnya, dan kekurangan yang lainnya adalah buku ini tidak terlalu menjelaskan secara detail kisah hidup lionel messi tetapi, dari keseluruhan buku biografi Lionel Messi ini sangat baik dan sangat memotivasi pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar