Minggu, 16 Juni 2013

Kebijakan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM)



Bantuan langsung sementara masyarakat atau yang sering disebut dengan (BLSM) merupakan suatu program bantuan pemerintah yang di tujukan kepada rakyat-rakyat Indonesia maupun rakyat Indonesia yang kurang mampu menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dirasa kurang tepat sasaran karena, bantuan ini hanya bersifat sementara dan mungkin saja dapat memunculkan suatu instrumen politik di dalam pemerintahan. Bantuan langsung sementara masyarakat sebenarnya tidak akam berdampak atau membuat suatu perubahan terhadap pengurangan kemiskinan yang ada di republik Indonesia ini, bahkan dalam pembagiannya pun mungkin tidak merata untuk semua rakyat miskin dan untuk mendapatkannya pasti akan antri berdesak-desakan seperti pembagian sembako karena, pada dasarnya setiap masyarakat miskin ingin mendapatkan sesuatu yang dapat menjaga kelangsungan kehidupan sehari-hari baik berupa bahan pokok maupun berupa non bahan pokok.

Untuk mengatasi angka kemiskinan di Indonesia ini sebenarnya tidak membutuhkan bantuan langsung sementara masyarakat melainkan diberikan lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia yang menjadi pengangguran sehingga jika angka pengangguran dapat di kurangi maka secara otomatis angka kemiskinan pun dapat teratasi secara perlahan karena, pada dasarnya salah satu factor besarnya angka kemiskinan adalah banyaknya angka pengangguran masyarakat di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya sehingga dibutuhkan lapangan kerja yang luas. Agar pertumbuhan ekonomi memiliki korelasi dengan penciptaan lapangan kerja. "Goverment spending harus dibuat untuk membangun infrastruktur padat karya bukan untuk di buat berupa bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Sebenarnya bantuan berbau BLSM ini sebenarnya beberapa tahun kebelakang pernah di canangkan oleh pemerintah yang bernama bantuan langsung tunai (BLT) dan tidak ada bedanya dengan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) atau dengan kata lain hanya berganti bungkus saja dengan bantuan langsung tunai (BLT) karena tidak terdapat perbedaan di antara kedua bantuan tersebut. Akan tetapi apapun keputusan pemerintah, kita sebagai warga Negara yang baik harus tetap mendukung keputusan yang di ambil pemetintah karena, pemerintah yang lebih tahu dengan kondisi bangsa Indonesia ini dengan penduduk lebih 200 juta jiwa. Semoga saja program yang diambil oleh pemerintah Indonesia dapat memajukan bangsa Indonesia ini untuk lebih baik lagi ke depannya, bukan hanya mementingkan kepentingan individu-individu maupun kelompok-kelompok tertentu serta adanya suatu keterbukaan pemerintah terhadap masyarakat sehingga tidak terjadi kabar yang dapat membingunkan dan dapat memberikan suatu opini yang salah dari masyarakat .

Rabu, 12 Juni 2013

Strategi Pembangunan Ketahan Nasional


Ketahanan nasional merupakan elemen yang paling penting dalam membangun kesatuan serta persatuan suatu negara untuk membentuk negara yang kuat baik didalam negeri maupun di dunia luar dalam kehidupan berbangsa. Setiap Negara sebenarnya mempunyai tujuan serta cita-citanya masing-masing dalam mencapai ketahanan nasional yang baik Akan tetapi, untuk mencapai tujuan serta cita-cita tersebut dibutuhkan proses yang tidak mudah karena, untuk mencapai kearah yang lebih baik terdapat permasalahan-permasalahan yang dapat menghabat cita-cita dan tujuan tersebut sehingga hal tersebut dapat membuat suatu bangsa harus bekerja keras dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut sehingga dibutuhkan suatu solusi atau jalan keluar yang dapat menyelesaikan hambatan tersebut.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat kuat dalam menjaga ketahanan nasionalnya sejak Indonesia telah merdeka pada tahun 1945 hingga saat ini. Dalam mencapai ketahanan nasional dari jaman ke jaman, bangsa Indonesia telah mengalami perubahan atau transisis orde yakni orde lama ke orde baru hingga dari orde baru ke orde sekarang atau sering disebut dengan orde reformasi. Hal tersebut membuktikan  betapa baiknya strategi ketahanan nasional yang dimiliki oleh Indonesia yang tidak pernah pudar dimakan oleh zaman sehingga bangsa Indonesia dapat hidup dengan baik dan tentram meskipun banyaknya perbedaan di dalam masyarakat Indonesia akan tetapi, ketentraman tersebut tidak luput dari adanya konflik antara individu-individu maupun antar kelompok. Akan tetapi bangsa Indonesia mempunyai  suatu pilar utama dalam bangsa Indonesia yakni pancasila. Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia sehingga bangsa Indonesia dapat menjaga ketahanan nasionalnya dengan baik. Didalam pancasila terdapat 5 gagasan pokok atau dengan kata lain 5 sila yang menjaga keutuhan bangsan Indonesia. Jika bangsa Indonesia tanpa pancasila, mungkin sekarang bangsa Indonesia tinggal nama saja, tidak berbentuk Negara lagi. Akan tetapi didalam perjalanan ketahanan nasionalnya, bangsa Indonesia terdapat banyak permasalah-permasalahan untuk mengacaukan ketahanan nasional bangsa nasional. Dan tugas kita sebagai warga Negara Indonesia adalah tetap terus menjaga keutuhan serta kesatuan bangsa Indonesia dengan saling bekerja sama dan saling bergotong royong satu dengan yang lain agar para penerus bangsa Indonesia dapat mempertahankan kembali keutuhan bangsa Indonesia di masa depan dengan persaingan yang semakin sulit antara bangsa-bangsa.

Strategi yang paling tepat untuk menjaga ketahan nasional yang baik adalah menumbuhkan rasa patriotisme serta rasa nasionalisme pada masyarakat setiap Negara khususnya bangsa Indonesia untuk mencapai suatu keutuhan dan persatuan yang harus dipupuk oleh setiap Negara/bangsa sejak dini agar terjalin rasa kerjasama dan gotong royong dalam menjaga bangsa, supaya tidak terjadi suatu perpecahan atau konflik yang lebih mementingkan kepentingan masing-masing individu saja melainkan bagi bangsa dan Negara serta bagi nusa dan bangsa .

Pengalaman menarik menaiki "Kereta Api"


Kereta api merupakan salah satu alat transportasi massal yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan aktivitasnya  sehari-hari khususnya banyak digunakan oleh masyarakat di Negara-negara maju seperti jepang, Russia, Jerman, dan Negara maju lainnya. Selain Negara maju, Negara berkembang pun juga tergolong banyak yang menggunakan mode transportasi kereta api, sebut saja salah satu nya adalah Indonesia dan india yang notaben nya merupakan salah satu dari beberapa Negara yang menggunakan kereta api sebagai alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kereta api merupakan salah satu mode transportasi dengan tarif yang cukup murah untuk menggunakan kereta api, penggunaan kereta api pun dapat mempersingkat waktu atau dengan kata lain dapat menghemat waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain karena, kereta api menggunakan jalurnya sendiri sehingga kecil kemungkinan untuk macet ataupun terlambat sampai tujuan. Ada pun jika kereta api mengalami gangguan disebabkan oleh beberapa teknis yang bermasalah, kalo pun butuh perbaikan dibutuhkan waktu yang cukup lama. Kereta api terdiri dari beberapa lokomotif atau dengan kata lain gerbong yang dalam sekali perjalanan nya dapat membawa kurang lebih sepuluh gerbong lokomotif dimana setiap gerbongnya dapat menampung hingga mencapai lima puluh orang lebih.

Namun saya memiliki suatu pengalaman menarik saat sedang menaiki kereta api dimana, kereta api merupakan transportasi favorit saya sejak kecil karena, sejak kecil saya sudah diajak oleh kedua orang tua saya untuk menaiki alat transportasi yang terdiri dari ebebrapa gerbong kereta tersebut. Mulai dari perjalanan antar kota hingga perjalanan keluar kota pun sudah saya rasakan baik menaiki kereta ekonomi non ac, kereta api bisnis, hingga kereta api eksekutif dengan udara ac nya yang bisa langsung menusuk tulang saya. Saat menaiki kereta terdapat sensasi yang tak terlupakan sehabis menaiki kereta dan itu sangat berbeda dengan alat transportasi lain. Saya pun pernah hamper ketinggalan kereta ketika berhendi di stasiun Cirebon, saat itu saya sedang turun dari kereta untuk membeli makanan serta untuk buang air. Tak hayal kereta pun mulai berjalan secara perlahan karena saya tidak mendengar pemberitahuan dan bel yang telah di bunyikan oleh petugas stasiun maka saya pun langsung bergegas lari untuk menaiki kereta kembali. Dan lebih uniknya lagi saya belum sempat untuk membayar makanan dan uang untuk buang air, alhasil saya lupa dengan semua itu. Lalu saya juga pernah mengalami hal unik ketika kereta api sedang melintas diatas jembatan yang sangat panjang, dimana dibawah jembatan tersebut adalah jurang sungai yang sangat dalam sekali. Ketika itu  saya sedang bersandar di pinggir pintu keluar untuk memandangi pemandangan, lalu tanpa sadar pintu tersebut tergeser karena getaran kereta yang menggeser pintu tersebut dan alhasil saya langsung berpegangan dengan apapun yang saya raih dan pintunya pun saya tutup kembali. Hal tersebut membuat adrenalin saya langsung naik dan jantung saya langsung berdetak dengan kencang. Hal tersebut menjadi pelajaran untuk kita agar dapat lebih berhati-hati lagi dimana pun kita berada khususnya didalam kereta. Ketika kereta sedang berjalan sebaiknya kita duduk manis di dalam gerbong kereta sambil memandangi pemandangan dari jendela samping. Mungkin itulah pengalaman menarik yang saya miliki dan dapat menjadi pembelajaran untuk kita semua agar dapat lebih berhati-hati lagi dimana pun itu kita berada .